Cara memperpendek link dengan Goo.gl

Assalamualaikum Wr.wb


blog-pustaka.blogspot.co.id. Sebelum ke pembahasan kita bahas sedikit tentang , (goo.gl). Apa itu goo.gl , goo.gl adalah layanan Short link gratis milik Google (Alat yang di gunakan untuk memperpendik link)

Kenapa harus pakai URL shortener ?
Banyak orang yang membagikan link pada orang lain lewat web, banyak sekali. Mereka share di Facebook, tweet di Twitter, atau membagikannya lewat Email, apalagi Social Network seperti Facebook dan Twitter sekarang sudah tumbuh besar dan semakin banyak orang yang menggunakannya, dan karena twiiter membatasi penggunaan karakter maka lebih baik kan kalo membagikan link  daripada yang panjang seperti , lebih enak dipandang juga kan?

Kenapa harus Goo.gl ? 
Google sekarang telah menjadi salah satu raksasa internet dengan berbagai layanan miliknya, seperti Blogger, Youtube, Picasa dan lain-lain, anggap saja Google telah memonopoli sebagian besar web service. Nah, kan lebih enak memakai layanan terpercaya dari Google daripada layanan kecil lain yang kapan saja dia bisa tutup/bangkrut?
Alasan lain adalah untuk optimalisasi SEO anda, kan ini punya Goo.gl , jadi tidak pengaruh terhadap Google PageRank dan SEO kan? 
Terus alasan terakhir, buatlah aksesibilitas yang mudah dengan menggunakan sebuah akun. Maksudnya, kan udah punya akun Google? Nah akun tersebut bisa dipakai di semua layanan Google. Kan lebih enak mengontrol semuanya dalam satu emudian, fitur yang disajikan  oleh Goo.gl ini antara lain :
– Sekali dibuat, tidak ada orang lain yang bisa mengubah alamatnya
– Sekali dibuat, tidak akan pernah expire / hilang. Namun sebagai catatan bahwa Google berhak menghapus link pendek anda dengan alasan digunakan untuk spam, keamanan atau yang lain.
– Ada analytic kecil tentang yang klik pakai browser dan OS apa atau berapa banyak yang sudah klik link dengan jangka waktu per dua jam, hari, minggu, bulan dan semua waktu.
– Ada daftar link yang sudah anda buat di bagian bawah, pastikan anda log-in dulu ke akun Google anda.

Bagaimana cara memakain Goo.gl ?

Gampang banget, tinggal menuju ke Goo.gl lalu kamu Paste-kan link panjang mu ke dalam kotak yang ada di sana, terus klik “Shorten” dan selesai ! Alamat pendekmu yang baru akan ada di samping kanan.
contoh nya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini


dan setelah di shorten hasilnya akan seperti ini 

http://goo.gl/NP89mh
bagaimana mudah kan , ok sekian dulu tutorial dari saya , smoga bermanfaat 
wassalamualaikum wr.wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Dilarang mengiklan di kolom komentar
Gunakan format www[dot]weblog[dot]com untuk menunjukkan link blog
dan gunakan format email[at]gmail[dot]com untuk menunjukkan email
ConversionConversion EmoticonEmoticon

Konversi &
Konversi '
Konversi "
Konversi <
Konversi >